Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenali Perbedaan antara Jilbab, Hijab dan Khimar

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenali Perbedaan antara Jilbab, Hijab dan Khimar

Perempuan dimuliakan dan dihargai oleh Islam. Di antara bukti bahwa Islam menjaga Perempuan adalah turunnya perintah bagi Perempuan Muslim untuk menutup aurat.

Menurut istilah, definisi aurat menurut para ulama fiqih, diantaranya yang disebutkan oleh Al-Khatib As-Syirbini adalah bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh terlihat dari pandangan yang memang tidak boleh melihatnya, dan bagian yang harus ditutup ketika shalat.

Sebagaimana Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).

Allah SWT juga berfirman dalam surah An Nur ayat 31:

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ – ٣١

Artinya: “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

Batas aurat perempuan ialah seluruh tubuh kecuali telapak tangan. Perempuan menutup aurat dengan kain agar mereka akan lebih mudah dikenali dan terhindar dari hal-hal yang dapat mencelakainya. 

Lalu, apa perbedaan antara jilbab, hijab dan khimar yang digunakan para Muslimah dalam upaya menutup auratnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai Perempuan muslim untuk menutupi kepala dan leher hingga dada. Sedangkan KBBI menuliskan hijab adalah dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain.

Namun dalam Islam, hijab ditujukan pada cara berpakaian yang menutup aurat sesuai dengan syariat Islam. Jika wanita menggunakan pakaian yang menutupi kepala dan rambut maka bisa dianggap memakai hijab.

Dalam NU Online, khimar didefinisikan sebagai tudung kepala yang menutup aurat dari kepala hingga dada wanita. Sehingga yang menjulur dari kepala hingga menutup bagian dadanya bahkan ketika membungkuk.

Adiani Syar’i hadir untuk para Muslimah dari berbagai kelompok usia agar dapat senantiasa menjunjung tinggi adab berbusana sesuai tatanan ajaran Islam yang sempurna. Desain yang sesuai dengan aturan adab berbusana bagi Perempuan Muslim, rangkaian koleksi busana Adiani Syar’i menjadi pilihan terbaik bagi para Muslimah untuk tampil Anggun namun tetap dalam koridor adab berbusana Islami.

Adiani Syar’i menghadirkan serangkaian koleksi khimar dengan beragam warna bagi para Muslimah agar dapat tetap tampil cantik dengan busana yang sesuai dengan syariat Islam. 

Adiani Syar'i

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
CS Adiani Syar'i
Assalamu'alaykum,
Ada yang bisa Kami bantu?